Header Ads

Ini 3 Amalan yang Mendatangkan Rezeki







Kita tahu bahwa Allah SWT yang meberikan kita rezeki, karna Ia adalah Arrozzaq ; maha pemberi rezeki
Rezeki memiliki arti yang sangat luas dan berbagai macam bentuknya. Hanya saja kita lebih sering membatasi arti rezeki dengan materi atau uang. Jadi perlu kita sadari bahwa Allah memberikan kita rezeki dengan berbagai macam bentuknya.
Lalu amalan apa saja yang mendatangkan rezeki?

Pertama, Banyak mengucapkan istigfar . Istigfar adalah sebuah ungkapan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Namu istigfar juga dapat mendatangkan banyak rezeki sebagaimana dijelasakan dalam firman-Nya :
Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Kedua, silaturahmi. Silaturahmi yakni menyambung ikatan persaudaraan dalam kebaikan  kepada karib kerabat baik karena nasab maupun karena hubungan pernikahan, misalnya dengan saling mengunjungi, saling menolong atau dalam bentuk yang lainnya agar yang terputus menjadi tersambung kembali, yang jauh menjadi dekat dan yang dekat bertambah erat. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits :
 مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya:“Barangsiapa yang senang diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung  hubungan  silaturahmi” (H.R. Bukhari-Muslim).

Ketiga, sedekah. Yakni memberikan sebagian harta yang kita miliki untuk saudara kita yang lebih membutuhkan atau sedang dalam kesulitan dan kekurangan.Allah SWT berfirman:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
 

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Demikian sebagian amalan dari sekian banyak amal yang bisa mendatangkan rezeki. Namun demikian pada hakikatnya, semakin dekat dan taqwa kita kepada Allah  maka Allah akan memberikan apapun yang kita minta, termasuk rezeki dengan segala bentuknya.
Allah SWT berfirman yang artinya :”Barang siapa yang bertaqwa kepada Alloh maka Alloh akan bukakan baginya jalan keluar (dri kesulitan atau masalah) dan Allah berikan rezeki untuknya dari sisi yang tidak disangka-sangka dan barang siapa bertawakkal kepada Allah maka Allah akan mencukupkann (keperluan)nya  Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)



Semoga kita semua termasuk hambanya yang bertaqwa dan senantiasa diberikan rezeki yang cukup lagi berkah. Amin ya Robbal alamin.


Tidak ada komentar

PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)

  PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)   Muhamad Agus Soleh Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta agussoleh1...

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.