Header Ads

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA


Hari ini penulis membuat teks pidato singkat seorang siswa yang akan mengikuti lomba. Tema nya adalah “berbakti kepada orang tua”. Semoga sekelumit pidato siswa ini mengingatkan kita semua. ;
Assalamu’alaikum WR WB
اَلْحَمْدُ لِلِّهِ رَبّ العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى اله وصحبه أجمعين. أما بعد.
Puji serta  syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam anugrah dan ni’matNya yang kita tidak akan mampu menghitungnya.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.

Dewan juri, hadirin yang saya hormati

Siapapun kita, pasti kita memiliki orang tua. Islam sangat memuliakan posisi orang tua. Oleh karena itu Islam mengharuskan setiap umatnya untuk menghormati dan berbakti kepada orang tua.
Begitu pentingnya barbakti kepada orang tua sampai-sampai Allah SWT mengiringkan perintah berbakti kepada orang tua setelah perintah mengesakan dan menyembah-Nya, sebagaimana dalam Firman-Nya di dalam Al-Qur’an yaitu ;
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا...الاية
Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua (ibu dan bapak)”. (Q.S.Al-Isra : 23).
Dan di ayat lain (Q.S.Luqman:14) Allah juga memerintahkan kita bersyukur kepada orang tua setelah perintah untuk bersyukur kepada-Nya.

Hadirin yang saya hormati,,
Kenapa kita harus berbakti kepada orang tua?
Ibu sudah susah payah mengandung selama Sembilan bulan lamanya.Tidak bisa tuh kandungannya dilepas dulu misalnya, jadi kemana-mana harus membawa anaknya yang didalam perut, Tentu dengan kondisi yang sulit dan melelahkan. Lalu melahirkan dengan resiko kehilangan nyawa, lalu menyusui, menimang, membesarkan dan seterusnya. Begitu juga bapak yang berjuang mencari nafkah, menjaga dan lain-lain.. Sungguh besar dan banyak sekali jasa keduanya.
Oleh Karena itu sudah sangat sewajarnya kita sebagai anak harus berbakti kepada orang tua. Orang tua adalah orang yang paling berhak mendapat kebaikan dari diri kita. 

Hadirin yang berbahagia
Lalu apa hikmah dan keutamaannya jika kita berbakti kepada orang tua?
Berdasarkan  beberapa riwayat hadits Nabi Muhammad SAW,fadilah atau hikmah berbakti kepada orang tua  diantaranya yaitu :
1. Mendapatkan ridho Allah SWT.
Karena Rosul SAW bersabda :
 رضى الله في رضى الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين
 Artinya :”Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murkanya Allah tergantung pada murka kedua orang tua”
2. Mendapat umur yang panjang dan rezeki yang banyak
3. Berbakti kepada orang tua lebih afdhol daripada ibadah haji, umroh dan jihad fi sabilillah
4. mendapatkan anak keturunan yang barbakti pula
Sedangkan, kalau kita durhaka kepada orang tua maka akan mendapat;
1. Mendapat murkanya Allah SWT
2. Sia-sianya semua amal baik dan ibadah karena tidak diterima oleh Allah SWT
3.Allah haramkan masuk surga
4. Allah segerakan  hukumannya sejak di dunia
Na’uzubillaah min dzalik..
 
Demikian,, semoga kita semua mampu berbakti kepada orangtua kita dengan senantiasa berbuat baik dan mendoakan keduanya. Amin

Wassalamu’alaikum WR WB








Tidak ada komentar

PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)

  PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)   Muhamad Agus Soleh Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta agussoleh1...

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.