Header Ads

COVID 19 SEBAGAI TAKDIR ALLAH SWT


Saat ini dunia sedang dilanda musibah berupa wabah virus corona atau covid 19. Virus ini sangat berbahaya dan dapat menular dengan cepat. 


Sebagai Umat Islam kita harus percaya bahwa apapun yang terjadi di dunia ini atau pun dalam kehidupan kita, semua itu terjadi atas takdir Allah SWT. Karena mengimani adanya takdir Allah adalah salah satu rukun iman. Yaitu rukun iman yang ke -6. Termasuk musibah wabah virus covid 19 saat ini juga terjadi atas takdir Allah SWT.

Makna kata takdir menurut bahasa adalah menetapkan segala sesuatu atau menerangkan kadar dan ukuran atas sesuatu. Adapun makna takdir menurut istilah agama adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT menurut ilmu dan kehendak-Nya. Jadi musibah wabah virus covid 19 ini terjadi atas ketetapan, pengetahuan dan kehendak Allah SWT. 

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 22: 

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab/ketetapan (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”

Lalu bagaimana kita harus menyikapinya ?

Setelah kita meyakini bahwa wabah virus covid 19 adalah takdir Allah SWT maka kita harus bersikap :
1. Sadar dan harus tambah yakin bahwa Allah SWT maha kuasa atas segalanya, sedangkan manusia sangat lemah. Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah SWT.

2. Harus tetap berusaha menghindari virus covid 19 dengan cara-cara yang telah diajarkan oleh para dokter atau ahli kesehatan. Seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menghindari keramaian, menjaga pola hidup bersih dan sehat, dan lain-lain. Karena agama Islam juga memerintahkan kita untuk berikhtiar atau berusaha. Termasuk berusaha menghindari penyakit dan menjaga kesehatan.

3. Sambil berusaha, hati kita tetap tawakkal atau berserah diri  kepada Allah SWT. 

4. Sabar dan ridho menerima takdir Allah SWT dengan adanya wabah virus covid 19 ini sebagai ujian untuk menjadi hamba-Nya yang lebih baik.

5. Semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibaadah dan berdo’a dengan khusyu’ agar kita terhidar dari virus covid 19, orang yang sedang sakit agar lekas sehat dan virus tersebut segera Allah angkat dan hilangkan dari dunia ini. Sehingga kita dapat beraktifitas dengan normal kembali.
Amin ya robbal alamin



Tidak ada komentar

PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)

  PENDEKATAN POLITIK DALAM KAJIAN ISLAM (STUDI TENTANG ZAKAT)   Muhamad Agus Soleh Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta agussoleh1...

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.